HOAKS

 

[CHALLENGE DAY 2 OSKM]
Ilham Azka Ramadhan
16620202
FTSL
Keluarga 22

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kita berada di fase dimana pintu akses informasi terbuka dengan sangat lebar, batasan-batasan yang dulu pernah ada ,sekarang sudah runtuh dengan pesatnya perkembangan teknologi. Namun runtuhnya dinding penghambat ini juga merupakan keadaan yang sangat menguntungkan bagi oknum-oknum penyebar informasi hoaks. Hoaks merupakan salah satu “penyakit” yang diuntungkan dengan perkembangan teknologi saat ini , sekaligus menjadi masalah yang sangat penting untuk diselesaikan, mengapa? Mari kita analisis masalah ini dengan konsep VUCA.

 

Volatility:

Fenomena hoaks, berita yang dilebih-lebihkan sebetulnya sudah ada sejak dahulu zaman dahulu, namun kecepatan dari tersalurnya informasi hoaks tersebut sangatlah cepat sehingga dengan waktu sepersekian detik informasi tersebut sudah diterima oleh orang banyak. Orang-orang yang memasuki zaman ini tentulah tidak akan menyangka kecepatan dari tersampainya informasi tersebut yang naik secara tiba-tiba.

 

Uncertainty:

Sampai saat ini perang melawan hoaks masih terus berlanjut, dan sejauh ini kita hanya bisa memperlambat laju penyebarannya. Tersalurnya fakta masih terlalu lambat jika dibandingkan dengan laju dari hoaks itu sendiri. Maka masih kurang jelas kapan akan berakhir masalah hoaks ini ,karena kita berhadapan dengan sistem dan manusia itu sendiri.

Complexity:

Dengan pesatnya perkembangan pada bidang informasi dan teknologi munculah suatu fenomena yang disebut circular reporting. Suatu fenomena dimana suatu informasi yang belum jelas kebenarannya menjadi bahan sumber berita bagi orang lain, sehingga informasi tersebut dianggap benar hanya dikarenakan jumlah orang yang mengambil sumber tersebut sebagai bahan acuan. Akibatnya, ketika menelusuri jejak sumber asli informasi tersebut sangatlah sulit dan lambat karena proses ini terjadi begitu cepat dan terus menerus dilakukan.


Ambiguity:

Informasi yang dibungkus dengan semenarik mungkin dan serapih mungkin, kadang membuat kita percaya bahwa informasi tersebut adalah benar ,namun apakah bisa kita yakin? Ribuan quotes yang kita lihat di internet setiap harinya ,mencantumkan orang-orang ternama , apakah bisa kita memastikan 100% bahwa informasi tersebut adalah benar? Karena pada akhirnya semua informasi yang kita terima terbagi tiga, benar, salah, dan abu-abu.

 

Lalu yang bisa kita lakukan apa?

Tumbuhkanlah pemikiran yang kritis akan segala hal ,ambil semua yang jelas benarnya, tinggalin semua yang jelas salahnya ,terus yang abu-abu gimana? Tinggalin aja, ga ada manfaatnya kita berpegang pada sesuatu yang gajelas. Udah gitu aja, hal-hal kecil ini setidaknya bisa menekan arus misinformasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Edu Passion for Me

the dream of mine

TENTANG SI SAYA